Breaking News
Home / Thoughts / Menentukan Nama Brand (2)

Menentukan Nama Brand (2)

Tulisan ini merupakan lanjutan dari Bagaimana Cara Menentukan Nama Brand. Bagi kamu yang belum membaca sebelumnya, kamu bisa klik disini.

Nama yang Web-Friendly

Dijaman yang serba modern dan serba membutuhkan Internet bahkan Internet hampir menajdi komoditas utama bagi para millennial. Dengan keadaan seperti ini, membuat website kamu ONLINE kewajiban utama.

Kamu tahu bahwa nama URL dapat dijadikan sebuah nama Brand?. Saya yakin kalian semua sudah tahu. Nah berikut hal-hal yang perlu diperhatikan kalau kamu ingin membuat brand dengan menggunakan URL sebagai bagian brand.

  1. Nama yang mudah dan search-friendly. Untuk mencari apakah suatu domain sudah terdaftar atau belum. Kamu bisa mencari di Google, Godaddy, atau GeSeed apakah suatu domain sudah terdaftar atau belum. Nama yang mudah diingat satu sampai dengan lima penyebutan. Contoh nya Google yaitu gu-gel, Tokopedia yaitu to-ko-pe-di-a, atau GeSeed yaitu ge-sit.
  2. Pertimbangkan brand keyword tapi tidak biasa atau pada pencarian. Maksudnya adalah nama brand berbasis URL tersebut merupakan sebuah keyword tapi jarang digunakan untuk hal lain, Idealnya kamu memilih brand yang sering digunakan saat pencari di Internet tetapi tidak umum pada website lain itu akan memengaruhi pagerank pada search engine. Ini disebut juga sebagai Search Engine Optimization yang akan saya coba share dilain waktu.
  3. Cek nama brand kamu. Apakah suatu brand sudah pernah digunakan atau belum digunakan kamu bisa melakukan pengecekan misalnya menggunakan hashtag Twitter. Boleh jadi kamu menemukan hashtag dengan nama brand kamu, tapi tidak berkaitan sama sekali dengan bisnis kamu.

Menggunakan Kata Yang Sudah Ada

Salah satu pilihan untuk menentukan nama brand adalah dengan menggunakan sebuah kata yang sudah ada. Biasanya kata yang merupakan kata tindakan atau kata kerja. Ketika brand mu sedemikian kuat dan menempel didalam ingatan banyak orang, brand mu bisa menjadi sebuah kata kerja itu sendiri. Salah satu contohnya adalah ketika kamu bersama teman-teman ingin mencari sesuatu dan tidak bisa menemukannya kamu pasti memberikan saran “coba Google aja deh” kata “Google” sudah menggantikan kata “Cari” atau “Mencari”. Jarang sekali orang bilang “coba Bing aja deh” atau “coba Yahoo aja deh”.

Brand yang baik dapat membantu pelanggan untuk mengatahui apa bisnismu dan apa manfaat bagi para pelangganmu. Membuat brand mu menjadi salah kata yang bisa digunakan atau bahkan menggantikan sebuah kata yang ada merupakan hal yang amat sangat baik dan bisa membuat pelangganmu semakin setia.

Buatlah Sesimpel Mungkin

Brand yang baik adalah brand yang memiliki sifat pembeda dengan lainnya, tetapi perlu ke-simpel-an juga. Dan, naama brand yang baik adalah yang simpel dan mudah untuk diucapkan sehingga mudah diingat. Nama brand yang sulit disebut sulit untuk diingat. Nama brand yang baik akan mudah diingat bagi pelanggan dan seringkali ia akan menyebut brandmu ketika seseorang menanyakan atau ketika ia merekomendasikan kepada orang lain. Nama yang simpel dan penyebutan yang terlihat sebuah kata sungguhan (seakan-akan kata yang ada) lebih mudah untuk sebut berulang-ulang

Nama brand yang pendek lebih baik, semakin panjang dan semkain sulit penyebutannya maka akan semkain sulit untuk diingat oleh pelanggan anda. Nama pendek ini biasanya dibawah dua penyebutan seperti GoogleZara, 3M, Nike, Sony dan bnayak lagi. Perlu diingat bahwa nama yang simpel tidak berarti harus pendek. Nama yang simpel dan sederhana bisa jadi memiliki beberapa gabungan kata atau penyebutan lebih dari dua, juga memiliki ritme penyebutan yang mudah seperti Coca-ColaToyotaAmazon, Google, Twitter.

 

Baca bagian pertama dengan klik link disini.

About Muhammad Fikri Alfarizi

Check Also

ketidakadilan struktural

Ketidakadilan Para Ojek Lokal

Pekerjaan sebagai supir Ojek di sekitar Perumahan Mutiara Bekasi Jaya bagi mereka merupakan pekerjaan utama. …

2 comments

  1. susah-susah gampang nyari nama rand itu yaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: