Breaking News
Home / Thoughts / Menentukan Nama Brand (1)

Menentukan Nama Brand (1)

Membuat, Menentukan dan Menjaga sebuah Brand adalah hal yang menantang dan cukup sulit namun dapat dilakukan. Brand dapat menjadi aset yang amat sangat berhaga dan bernilai tinggi jika dilakukan dengan mudah. Setiap perusahaan di dunia membuat dan menjaga brand-nya dengan berbagai cara agar dapat dilihat sebagai bagian dari perusahaan itu sendiri.

Nama brand mu merupakan hal yang paling penting dan utama untuk menentukan pelanggan anda, penentuan nama yang baik dapat menghasilkan pelanggan-pelanggan yang loyal. Pilihlah nama yang menurut kamu paling memberikan manfaat terbesar dengan mengaitkan dengan produk kamu atau perusahaan kamu sendiri sehingga pelanggan akan dengan mudah mengenal suatu brand dan siapa pemiliknya.

Kamu dapat menentukan brand dari salah satu produk kamu, Hertz merupakan perusahaan rental mobil membuat brand untuk para pelanggannya yang loyal secara Eksklusif yaitu Hertz Gold Plus Reward. Itu juga termasuk Brand, dan banyak dilakukan oleh banyak perusahaan di dunia. Brand juga bisa dibuat menjadi bagian dari nama perusahaanmu. Intel Inside, saya jamin kamu tidak begitu paham maksudnya apa dengan Intel Inside, tapi yang bisa saya lihat adalah Intel menginginkan ketika orang membeli Komputer atau Laptop sudah ada produk Intel didalamnya itulah mengapa Intel Inside. Tidak peduli produk komputer apa yang kamu beli yang penting ada Intel (Inside) Didalamnya dan pelanggan sudah senang dengan itu.

Brand untuk produk Jasa kamu? Jelas juga bisa. Tokopedia, menurut kamu apa Tokopedia punya Produk Rill atau nyata dalam bentuk benda? Tokopedia termasuk memberikan Jasa sebagai sebuah wadah untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli. Pun demikian dengan Google, ia tidak memiliki produk rill tapi memberikan sebuah kemudahaan terhadap seseorang ketika mencari sesuatu. Bahkan hampir semua produk Google merupakan jasa dan semuanya memiliki Brand yang baik seperti, YouTubeAdwordsAdsenseAnalytics, dan banyak lagi.

Nama yang Spesial dan Berbeda

Bagaimana cara membuat nama yang seperti itu? ada beberapa Tips seperti yang diberikan Drew Boyd.

  1. Menjelaskan mengenai Brand itu sendiriInternet Explorer dari Microsoft, tanpa perlu dijelaskan kembali bahwa itu merupakan “penjelajah internet”. Dunkin Donuts, Stufffed, Kebab Turki Babarafi merupakan contoh tanpa dijelaskan para pelanggan sudah mengetahui bahwa itu merupakan brand dari sebuah makanan.
  2. Gunakan Gabungan Kata, kuncinya adalah menentukan dua buah kata dan menggabungkannya sehingga membentuk sebuah kata baru. Photoshop, dan BukaLapak merupakan salah satu gabungan dari dua buat kata. Photo dan ShopBuka dan Lapak.
  3. Jika kamu ingin suatu yang benar-benar berbeda kamu bisa mencoba mengubah cara penyebutan suatu kata tersebut. GeSeedGoogleGeSeed merupakan dari kata Gesit yang artinya lincah dan perushaaan ini bergerak dibidang penyedia jasa web hosting dan pendaftaran domain. Nama Google terbentuk dari kesalahan penyebutan atau bisa dibilang Google merupakan brand yang ditemukan secara tidak sengaja. Google pada saat Go Public, salah satu pembeli saham salah menuliskan nama Google (Googol) yang berarti sebuah deretan angka yang diikuti dengan 100 angka 0.
  4. Menamakannya dari nama pencipta atau pembuat. Kamu tentu bisa membuat sebuah brand dari nama kamu sendiri dan banyak perusahaan besar yang menamakan produknya dari namanya sendiri. Levi’s merupakan salah satunya Levi Strauss membuat Jeans dan menamakannya dengan namanya sendiri. HP atau Hewlett-Packard merupakan perusahaan komputer yang menamakan perusahaan bahkan produknya dengan nama penciptanya.
  5. Membuat KataSony merupakan salah satu contoh kata yang merupakan suatu kata baru. Demikian dengan Google yang merupakan sebuah kata yang sebelumnya tidak ada.

Bagian Kedua

About Muhammad Fikri Alfarizi

Check Also

ketidakadilan struktural

Ketidakadilan Para Ojek Lokal

Pekerjaan sebagai supir Ojek di sekitar Perumahan Mutiara Bekasi Jaya bagi mereka merupakan pekerjaan utama. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: