Breaking News
Home / Thoughts / Melemahkan Buruh

Melemahkan Buruh

Ada beberapa jenis Buruh, yaitu Buruh Formal dan Buruh Informal. Buruh Formal sendiri terdiri dari Buruh pada umumnya, yaitu karyawan atau pegawai dari sebuah perusahaan. Namun dapat dibedakan lagi bahwa buruh “Formal” menjadi Karyawan Tetap dan Karyawan Tidak Tetap atau dengan kata lain Outsourcing, Karyawan Kontrak, dan Buruh Harian Lepas.
Tahukah kamu bahwa peraturan perburuhan di Indonesia selalu melemahkan Buruh. Para pengusaha atau perusahaan hanya menginginkan Profit dan “Susahnya” ada di Buruh. Pengusaha mencari banyak cara untuk mendapatkan profit. Pengusaha berusaha menginternalisasi profit yang maksudnya pengusaha mendapatkan keuntungan dari apa yang seharusnya ia keluarkan misalnya Outsourcing, pengusaha tidak perlu memberikan pesangon, jaminan sosial dan hak lain yang seharusnya didapatkan oleh karyawan tetap. Selain itu mengeksternalisasi ongkos yaitu dengan memberikan upah murah.
Hal itu didukung dengan cara melemahkan buruh atau dengan kata lain bagaimana cara melemahkan Buruh. Beberapa hal yang melemahkan Buruh yaitu.
  1. Regulasi, membuat pengaturan dimana itu melemahkan buruh itu sendiri.
  2. Rezim, yaitu adanya sebuah keadaan atau kebijakan yang mendukung hal itu misalnya Labour Market Flexibility yaitu Pasar Buruh Fleksibel.
  3. Nasihat, maksudnya adalah Pemerintah memberikan saran – saran dimana saran tersebut secara tidak langsung melemahkan Buruh. Contoh kecilnya adalah banyak Banner atau Iklan yang mengandung “Mari laksanakan May Day dengan mengisi kegiatan yang bermanfaat seperti acara amal atau perlombaan dan lain sebagainya. Nasihat ini secara tidak langsung masyarakat dan buruh ter-hegemoni akibat “nasihat” tersebut.
  4. Koersif atau Pengendalian Sosial menggunakan Tentara.
  5. Mengendalikan Serikat, cara ini biasanya menggunakan cara suap kepada para pengurus  Serikat Buruh.
Dengan mengetahui hal ini, mari dukung para Pekerja Indonesia. Tanpa bantuan para buruh, Indonesia tidak akan merdeka seperti sekarang.

About Muhammad Fikri Alfarizi

Check Also

ketidakadilan struktural

Ketidakadilan Para Ojek Lokal

Pekerjaan sebagai supir Ojek di sekitar Perumahan Mutiara Bekasi Jaya bagi mereka merupakan pekerjaan utama. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: