Breaking News
Home / Thoughts / Ketidakadilan Para Ojek Lokal

Ketidakadilan Para Ojek Lokal

Pekerjaan sebagai supir Ojek di sekitar Perumahan Mutiara Bekasi Jaya bagi mereka merupakan pekerjaan utama. Para supir-supir ojek mendapatkan pundi-pundi uang untuk biaya hidup mereka melalui pekerjaan ini. Penduduk sekitar Perumahan Mutiara Bekasi Jaya biasa menggunakan jasa mereka untuk mengantar mereka ke berbagai tempat di sekitar perumahan.

Para supir ojek ini tidak mengenyam Pendidikan dengan baik, rata-rata para supir ojek ini tidak menyelesaikan Pendidikan hingga bangku sekolah menengah atas. Keadaan seperti ini yang membuat mereka menjadi supir ojek untuk menyambung hidupnya. Para supir ojek ini tidak memiliki skill yang dapat mengubah strata hidupnya didalam social masyarakat.

Kehadiran Ojek online dewasa ini membuat para supir ojek kehilangan penumpangnya yang notabene merupakan penduduk sekitar Perumahan. Hal ini disebabkan para penduduk sekitar menikmati kemudahan untuk melakukan pesanan terhadap jasa ojek online. Keadaan seperti ini menyebar di beberapa perumahan yang bersebalahan dengan Perumahan Mutiara Bekasi Jaya. Hal ini menyebabkan kecemburuan sosial yang berujung pada pelarangan oleh ojek lokal untuk melarang masuk ojek online ke area perumahan. Para ojek local merasa, kehadiran ojek online membuat penghasilan mereka berkurang.

Ketidakadilan social yang muncul adalah ketika para ojek local tidak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan uang untuk menyambung hidupnya dibandingkan para ojek online, kesempatan ini berupa tidak memiliki skill, modal, serta buta teknologi. Penyedia ojek ­­online tidak memberikan pelatihan, keahlian dibidang teknologi kepada para supir ojek local.

Salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan ketidakadilan social ini adalah dengan memberikan pelatihan, baik itu terkait dengan teknologi atau pelatihan-pelatihan lainnya. Jika hal ini dipenuhi, maka ketidakadilan social antara ojek local dan ojek online dapat diselesaikan. Ketidakadilan social ini yang menyebabkan terjadinya beberapa tindak pidana yang pernah terjadi di perumahan lain.

Seharusnya, saat perusahaan angkutan online masuk ke pasar Indonesia memberikan pengetahuan dasar untuk dapat mengoperasikan telepon pintar dan menjaring orang yang memang seorang supir angkutan umum baik itu ojek ataupun taksi. Kita semua berharap pemerintah mengeluarkan aturan yang adil sehingga tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

About Muhammad Fikri Alfarizi

Check Also

font logo google website

Membuat Logo Dengan Google Font

Ingin membuat logo untuk website atau blog kamu? Sebuah website atau blog belum lengkap rasanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: